Tips

Ini Tahapan Mengurus STNK Hilang, Jangan Panik!

Halo teman teman sekalian, musibah terjadi beberapa minggu yang lalu. STNK Motor gua hilang, ya mungkin orang yang sudah mengenal gua tidak akan heran dengan bagaimana gua mengalami STNK hilang, karena gua udah sering banget ketinggalan atau kehilangan barang. Mulai dari Hape ketinggalan di tempat makan trus hilang aja udah dua kali, kunci motor hilang udah sering banget sampe udah punya langganan bikin kunci. Sekarang giliran motor gua STNK hilang *ihiks*.

Dokumen

Daftar Syarat Penerbitan STNK Duplikat

Buat teman-teman sekalian, akan gua buat musibah yang gua alami jadi bermanfaat ahuehue. gua akan menyelamatkan hidup kalian dengan cari memberi tahu cara mengurus STNK yang hilang. STNK hilang harus digantikan dengan STNK duplikat. Nah, yang gua kasi tau adalah caru mengurus Penerbitan STNK duplikat. Dokumen yang harus bawa beserta tahapan ketika mengurus  STNK duplikat adalah:

  1. KTP asli pemilik kendaraan (Beserta fotocopy)

    Bawa KTP Asli pemilik kendaraan, kalo atas namanya orang tua lu ya bawanya KTP orang tua lu. Kalo motor lu beli tangan kedua dan belum balik nama ya bawa KTP asli si tangan pertama. Jangan lupa difotocopy

  2. BPKB asli / Surat Keterangan dari Leasing (Beserta fotocopy)

    BPKB asli harus dibawa beserta fotocopynya. Bagi pemilik motor yang kredit bisa minta surat keterangan dari dealer ataupun bank tempat kreditnya. Bagi yang tidak punya BPKB dan tidak juga kredit yakinkan dulu itu kendaraan punya lu atau bukan. Kalo bukan ngapain lu urus 😀

  3. Surat Laporan Kehilangan

    Surat Laporan Kehilangan ini bisa diminta ke Polsek atau Polres Setempat. Saat itu sih gua ngurus ke Polsek karena deket tempat tinggal gua. Untuk hal ini gua udah kenal sama bapak petugas di Polsek, karena seringkali gua hilang ATM, SIM, atau Buku Tabungan AHAHAHAHAHA

  4. Cek Fisik Kendaraan

    Cek fisik kendaraan bisa langsung diurus di Kantor Samsat tempat STNK/BPKB diterbitkan. Itu loh yang gesek nomor rangka dan nomor mesin. Oiya kalo kendaraan lu ada diluar kota tapi mau cek fisik bisa minta cek fisik bantuan ke Samsat tempat domisili lu disertai minta surat pengantar dari Samsat penerbitan STNK.

  5. Kliping Iklan Baris Hilang STNK di 2 Media Massa

    Iklan Baris STNK hilang

     

    Ini yang gua baru tau. Jadi lu harus menerbitkan iklan baris Hilang STNK di 2 Media Massa Daerah lu. Dengan membayar biaya penerbitan iklan, iklan lu langsung keluar di harian tersebut besoknya. Untuk biaya dan tempat penerbitan di daerah gua akan gua jelasin pada Bagian selanjutnya. Kalo udah cetak gunting iklan baris lu trus tempel di nota order iklannya.

  6. Surat Keterangan Arsip dari Samsat

    Nah setelah semua dokumen poin 1-5 sudah terkumpul, lu bisa taruh dalam Map warna apapun, lalu lu bawa ke kantor samsat bagian Pengurusan STNK Duplikat. Nanti dari sana lu langsung dibuatkan surat keterangan untuk mengurus dokumen lain di Polres.

  7. Surat Keterangan Unit Laka dari Polres Setempat

    Surat Keterangan ini merupakan bukti bahwa kendaraan yang STNK sedang lu urus tidak terlibat kasus kecelakaan lalu lintas apapun. Ngurusnya ada di Polres tempat lu tinggal atau STNK terbit.

  8. Surat Keterangan Unit Tilang dari Polres Setempat

    Sama kaya Unit Laka. Bedanya ini menyatakan bahwa kendaraan bermotor yang tidak dalam kasus tilang apapun, jadi bisa dilanjutkan dokumennya ke Reskrim.

  9. Berita Acara Pemeriksaan (BAP) dari Unit Reskrim Polres Setempat

    Setelah Semua Dokumen 1-8 terpenuhi. Lu Fotokopi semuanya trus lu masukin dalam Map lagi, jadi lu punya 1 Map dokumen asli dan 1 Map Dokumen fotokopi. Nah, Dateng langsung ke unit reskrim nanti lu akan diperika tanggal kehilangannya dan lokasinya. Sampai ditanya apakah lu ada usaha untuk mencari atau enggak. Kalo lu usaha nyari disuruh nyari dulu kali ya? soalnya sih bilang nyari dulu hahaha. Setelah itu lu akan diminta dokumen fotokopi yang 1 map tadi untuk arsip unit reskrim. Oiya, FYI mbak atau ibu yang meriksa gua cakep cuy. Penting kan? Kalo udah semua lu akan dibuatkan cetakan BAP tadi untuk dimasukin ke map dokumen lu yang asli.

  10. Surat Rekomendasi Kasat Reskrim Polres Setempat

    Nah ini di Polres tempat gua ngurus pas ngambil BAP, sudah disertakan Surat Rekomendasinya. Mungkin di semua Polres gitu, Mungkin juga enggak. Jadi pastikan Ada surat ini ya!

  11. Surat Rekomendasi Kasat Lantas Polres Setempat

    Surat ini diterbitkan oleh unit lantas, kalo di Polres tempat gua ngurus ada di bagian MinLantas Polres tersebut.

Kalau Sudah semua 11 Dokumen terpenuhi, lu langsung bisa balik ke Samsat ke bagian STNK duplikat lagi untuk mengambil arsip STNK yang disimpan di samsat. Kalo udah ada Arsip dan Dokumen tinggal langsung ke loket samsat bilang aja STNK Duplikat nanti dokumen di cek dan langsung ke kasir untuk bayar. Sudah Bayar Lu bisa ambil STNK Duplikat lu ke loket pengambilan. Inget itu cuma duplikat karena yang asli sudah hilang 😀

Biaya

Pada STNK ini, Biaya yang gua habiskan detailnya

  • Cek fisik kendaraan – Rp 10.000 (Katanya sih pungli)
  • Iklan Media 1 – Rp 48.000
  • Iklan Media 2 – Rp. 62.000
  • Biaya Administrasi dan Cetak STNK  – Rp. 100.000

Jadi total biaya yang gua butuhkan Rp. 220.000. Kalo gua tambahin bensin dan fotokopi mungkin sebesar Rp. 300.000

Durasi

Nah ini yang penting, ngurus STNK duplikat itu cukup memakan waktu. Kira kira detail waktu dan tanggal pengurusan STNK gua adalah:

  • KTP Asli, BPKB Asli, Surat keterangan Hilang, Surat Laporan Kehilangan, Cek Fisik Kendaraan (1 Hari) – Senin, 4 Desember 2017
  • Kliping Media Cetak dari Order Sampai terbit (3 Hari, karena mbaknya teledor jadi telat terbit di 1 Media) – Senin, 4 Desember 2017 s/d Rabu, 6 Desember 2017
  • Surat Keterangan arsip dari samsat sama Surat Keterangan Unit Laka dan Unit Tilang dari Polres (1 Hari) – Rabu, 6 Desember 2017
  • BAP dan Surat keterangan Reskrim dari Polres (3 Hari Kerja) – Rabu, 6 Desember 2017 s/d Senin, 11 Desember 2017
  • Surat Keterangan dari Kasat Lantas (2 Hari kerja) – Senin 11 Desember 2017 s/d Rabu, 13 Desember 2017
  • Penerbitan dan Pembayaran STNK Duplikat (1 Hari) – Rabu, 13 Desember 2017

Total waktu yang gua butuhkan dari awal gua mengurus STNK duplikat hingga terbit adalah 9 Hari. Cukup lama untuk mengurus dokumen penting.

Detail Lokasi (Khusus Kota Bogor)

Oiya gua tinggal dan STNK motor gua berasal dari kota bogor, Jadi lokasi yang gua kunjungi untuk mengurus STNK duplikat adalah:

  1. Samsat Kota Bogor  – Jl. Ir. Haji Djuanda No.4 (Pintuk Masuk Sebelah Hotel Salak)
  2. Polres Kota Bogor – Jl. Raya Bogor No.22, Kedunghalang (Kedunghalang ya bukan taman topi)
  3. DSS Advertising – Ruko Sebelah Kantor Pos Kebon raya (Tanya aja tempat masang iklan)
  4. Kios Iklan Jurnal Bogor – Sebelah Samsat Kota Bogor (Samsat yang sangat Terpadu 😉 )

Fun Fact

Waktu yang dibutuhin untuk ngurus STNK duplikat cukup lama, 9 hari. Buat orang gak sibuk kaya gua di kantor kebetulan di bogor sih gak masalah. Kalo kantor di jakarta dan sibuk ya sulit. Awal datang ke samsat gua ditawarin sama oknum petugas untuk membayar “Langsung Jadi” sebesar Rp 600.000. Lalu gua ditanya, Mahasiswa apa Kerja? mungkin karena muka gua imut macam mahasiswa baru. Gua berharap ada harga “Langsung Jadi” tapi diskon gitu, sehingga gua jawab Mahasiswa. Eh, ternyata harapan itu sirna karena gua langsung disuruh ngurus sendiri aja. Kata oknumnya lumayan untuk bayar kosan *terimasih pak sudah perhatian* HAHAHAHA. Jadi lah gua ngurus sendiri.

Pesan Moral

Jadi buat kalian yang mengalami STNK hilang dan banyak waktu, bisa diurus sendiri. Ya harus sabar aja nunggu prosesnya. Kalo gak ada waktu ya silakan pake paket “Langsung Jadi”. Gua sih ngurus sendiri bukan karena gak ada duit, gua pengen nyoba aja ngurus sendiri jadi tau prosesnya trus jadi lebih menghargai STNK yang sulit gua dapatkan ini *alasan sih* HAHAHAHA

Oke sekian aja dari gua, semoga bisa membantu yang sedang kehilangan STNK. Sesama kehilangan STNK harus saling membantu AHAHAHAHAAHAH

Selalu ada Hikmah, dibalik Musibah

Tagged , , ,

20 thoughts on “Ini Tahapan Mengurus STNK Hilang, Jangan Panik!

  1. 2 hari yg lalu kemalingan dompet dan semua dokumen hilang, barusan ngurus stnk di samsat di tawarin sama oknum kalau urus sendiri siap dalam waktu 5 hari kerja, kalau pakai jalur khusus 30 menit langsung jadi.

    karena gw ingin ngerasain gimana indahnya jalur birokrasi negeri ini jadinya pilih jalur mandiri aja.

    😊😀😁

  2. Saya mau nanyak gan…
    Motor yg dijual leasing hanya BPKB , dari luar provinsi.. Bisa kah di terbit kan stnk duplikat serta dibalik nama kan dan ganti plat di tempat kita berdomisili??
    Trima Kasih..™

  3. Kalau stnk yang hilang dari luar kota (luar pulau jawa) prosedur pengurusannya sama kah? Atau hanya sampai cek fisik bantuan saja?

  4. kak mau tanya, kalo ngurus duplikat stnk apa ktp atau kk asli kita ditahan sebulan? (ini aku tanya sama calo gitu kalo ngurus sendiri gimana trus katanya data kita ditahan sebulan sampe stnk terbit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.